Selasa, 15 Oktober 2013

SEJARAH ANDROID,JENIS-JENISNYA,MANFAATNYA DAN UMUM

Sejarah Android



Sekitar tahun 2010 pertanyaan tersebut mulai sering bicarakan orang ketika mereka mendengar kata Android. Saya pun bertanya – tanya apa itu Android? Ya, karena pada saat itu ponsel dengan operating system berbasis Android mulai menyerbu Indonesia. Karakter orang Indonesia yang  terbuka dengan teknologi baru sangat mendukung operating system mobile baru tersebut semakin dikenal masyarakat secara luas. Saat ini setiap orang-orang modern di Indoneisa pasti mengenal apa itu Android, tapi saya yakin banyak dari mereka belum mengenal betul sejarah dari operating system (OS)buatan Google ini.
Android Inc, adalah sebuah perusahaan software kecil yang didirikan pada bulan Oktober 2003 di Palo Alto, California, USA. Didirikan oleh beberapa develover seniordi beberapa perusahaan yang berbasis IT & Communication. Orang itu diantaranya Andy Rubin, Rich Miner, Nick Sears dan Chris White. Menurut Rubin, Android Inc didirikan untuk mewujudkan mobile device yang lebih peka terhadap lokasi dan preferensi pemilik. Dengan kata lain, Android Inc, ingin mewujudkan mobile device yang lebih mengerti pemiliknya. Sejarah Android bermula dari sini.
Konsep yang dimiliki Android Inc, ternyata menarik perhatian raksasa Google untuk memilikinya. Pada bulan Agustus 2005, akhirnya Android Inc diakuisisi oleh Google Inc. Seluruh sahamnya dibeli oleh Google. Nilai pembelian Android Inc ini oleh google tidak ada release pastinya. Tetapi banyak yang memperkirakan nilai pembelian Android Inc oleh Google adalah sebesar USD 50 juta. Saat itu banyak yang berspekulasi, bahwa akuisisi ini adalah langkah awal yang dilakukan Google untuk masuk ke pasar mobile phone. Andy Rubin, Rich Miner, Nick Sears dan Chris White tetap di Android Inc yang dibeli Google, sehingga akhirnya mereka semua menjadi bagian dari raksasa Google dan sejarah android. Saat itulah mereka mulai menggunakan platfor linux untuk membuat sistem operasi bagi mobile phone.

Apa Itu Android ?
Android adalah sistem operasi yang digunakan di smartphone dan juga tablet PC. Fungsinya sama seperti sistem operasi Symbian di Nokia, iOS di Apple dan BlackBerry OS. Android tidak terikat ke satu merek Handphone saja, beberapa vendor terkenal yang sudah memakai Android antara lain Samsung , Sony Ericsson, HTC, Nexus, Motorolla, dan lain-lain. Keunggulan utama Android adalah gratis dan open source, yang membuat smartphone Android dijual lebih murah dibandingkan dengan Blackberry atau iPhone meski fitur (hardware) yang ditawarkan Android mungkin lebih baik. Beberapa fitur utama dari Android antara lain WiFi hotspot, Multi-touch, Multitasking, GPS, accelerometers, support java, mendukung banyak jaringan (GSM/EDGE, IDEN, CDMA, EV-DO, UMTS, Bluetooth, Wi-Fi, LTE & WiMAX) serta juga kemampuan dasar handphone pada umumnya. Nah itulah sejarah dan Arti Android, semoga di postingan pertama saya ini bisa membantu anda untuk mengetahui apa itu android dan juga sejarah Android itu sendiri.

Perkembangan Android dari tahun 2009 - 2012
Android versi 1.1
Android versi 1.5 (Cupcake)
Android versi 1.6 (Donut)
Android versi 2.0/2.1 (Eclair)
Android versi 2.2 (Froyo: Frozen Yoghurt)
Android versi 2.3 (Gingerbread)
Android versi 3.0/3.1 (Honeycomb)
Android versi 4.0 (ICS :Ice Cream Sandwich)
Android versi 4.1 (Jelly Bean)
Jenis-jenis OS Android

1. Android versi 1.1
Andoid versi 1.1 di rilis pada 9 Maret 2009 oleh Google.  Android versi ini dilengkapi disupport oleh Google Mail Service dengan pembaruan estetis pada aplikasi, jam alarm, voice search (pencarian suara), pengiriman pesan dengan Gmail, dan pemberitahuan email.

2. Android versi 1.5 Cup Cake
Android Cup Cake di rilis pada pertengahan Mei 2009, masih oleh Google Inc. Adroid ini dilengkapi software development kit dengan berbagai pembaharuan termasuk penambahan beberapa fitur antara lain yakni kemampuan merekam dan menonton video dengan modus kamera, mengunggah video ke Youtube, upload gambar ke Picasa langsung dari telepon, serta mendapat dukungan Bluetooth A2DP.

3. Android versi 1.6 Donut
Android Donut di rilis pada September 2009 menampilkan proses pencarian yang lebih baik dibandingkan versi-versi sebelumnya. Selain itu Android Duut memiliki fitur-fitur tambahan seperti galeri yang memungkinkan pengguna untuk memilih foto yang akan dihapus; kamera, camcorder dan galeri yang dintegrasikan; Text-to-speech engine; kemampuan dial kontak; teknologi text to change speech. Android Donut juga dilengkapi  baterai indikator, dan kontrol applet VPN.

4. Android versi 2.0/2.1 Eclair
Android Eclair dirilis pada 3 Desember 2009. Perubahan yang ada antara lain adalah pengoptimalan hardware, peningkatan Google Maps 3.1.2, perubahan UI dengan browser baru dan dukungan HTML5, daftar kontak yang baru, dukungan flash untuk kamera 3,2 MP, digital Zoom, dan Bluetooth 2.1. Android Eclair merupakan Adroid pertama  yang mulai dipakai oleh banyak smartphone, fitur utama Eclair yaitu perubahan total struktur dan tampilan user interface.

5. Android versi 2.2 Froyo (Frozen Yogurt)
Android Froyo dirilis pada 20 mei 2012. Adroid versi ini memiliki kecepatan kinerja dan aplikasi 2 sampai 5 kali dari versi-versi sebelumnya. Selain itu ada penambahan fitur-fitur baru seperti dukungan Adobe Flash 10.1,  intergrasi V8 JavaScript engine yang dipakai Google Chrome yang mempercepat kemampuan rendering pada browser, pemasangan aplikasi dalam SD Card, kemampuan WiFi Hotspot portabel, dan kemampuan auto update dalam aplikasi Android Market.

6. Android versi 2.3 Gingerbread
Andoid Gingerbread di rilis pada 6 Desember 2010. Perubahan-perubahan umum yang didapat dari Android versi ini antara lain peningkatan kemampuan permainan (gaming), peningkatan fungsi copy paste, layar antar muka (User Interface) didesain ulang, dukungan format video VP8 dan WebM, efek audio baru (reverb, equalization, headphone virtualization, dan bass boost), dukungan kemampuan Near Field Communication (NFC), dan dukungan jumlah kamera yang lebih dari satu.

7. Android versi 3.0/3.1 Honeycomb
Android Honeycomb di rilis pada awal 2012. Merupakan versi Android yang dirancang khusus untuk device dengan layar besar seperti Tablet PC. Fitur baru yang ada pada Android Honeycomb antara lain yaitu dukungan terhadap prosessor multicore dan grafis dengan hardware acceleration. User Interface pada Honeycomb juga berbeda karena sudah didesain untuk tablet. Tablet pertama yang memakai Honeycomb adalah tablet Motorola Xoom yang dirilis bulan Februari 2011. Selain itu sebuah perangkat keras produksi Asus  bernama Eee Pad Transformer juga menggunakan OS Android honeycomb dan diharapkan akan masuk ke pasaran Indonesia pada Mei 2011.

8. Android versi 4.0 ICS (Ice Cream Sandwich)
Android Ice Cream Sandwich diumumkan secara resmi pada 10 Mei 2011 di ajang Google I/O Developer Conference (San Francisco), pihak Google mengklaim Android Ice Cream Sandwich akan dapat digunakan baik di smartphone ataupun tablet. Android Ice Cream Sandwich membawa fitur Honeycomb untuk smartphone serta ada penambahan fitur baru seperti membuka kunci dengan pengenalan wajah, jaringan data pemantauan penggunaan dan kontrol, terpadu kontak jaringan sosial, perangkat tambahan fotografi, mencari email secara offline, dan berbagi informasi dengan menggunakan NFC. Ponsel pertama yang menggunakan sistem operasi ini adalah Samsung Galaxy Nexus.

9. Android versi 4.1 Jelly Bean
Android Jelly Bean juga diluncurkan pada acara Google I/O  10 Mei 2011 yang lalu. Android versi ini membawa sejumlah keunggulan dan fitur baru, diantaranya peningkatkan input keyboard, desain baru fitur pencarian, UI yang baru dan pencarian melalui Voice Search yang lebih cepat. Versi ini juga dilengkapi Google Now yang dapat memberikan informasi yang tepat pada waktu yang tepat pula. Salah satu kemampuannya adalah dapat mengetahui informasi cuaca, lalu-lintas, ataupun hasil pertandingan olahraga. Sistem operasi Android Jelly Bean 4.1 pertama kali digunakan dalam produk tablet Asus, yakni Google Nexus 7.
10.Android versi 4.2 Jelly Bean
Fitur photo sphere untuk panaroma, daydream sebagai screensaver, power control, lock screen widget, menjalankan banyak user (dalam tablet saja), widget terbaru. Android 4.2 Pertama kali dikenalkan melalui LG Google Nexus 4.
Ada beberapa platform ponsel yang dapat Anda pilih dari hari ini. Salah satu platform yang paling populer adalah ponsel Android yang dibuat oleh Google. Ponsel Android datang dengan beberapa fitur menarik dan kebanyakan konsumen lebih memilih mereka dari pada jenis lain. Berikut adalah manfaat dari ponsel Android.
Ponsel Android lebih murah dibanding dengan smartphone lainnya hadir di pasar. Hal ini biasanya sangat mahal untuk membeli Blackberry atau iPhone. Sementara itu, Anda dapat dengan mudah memperoleh ponsel Android secara murah. Dengan ponsel Android, orang memiliki pilihan yang sama dengan yang ditawarkan kepada pengguna smartphone tapi dengan harga yang lebih murah.
Kelemahan salah satu menggunakan telepon konvensional adalah pilihan kustomisasi yang terbatas. Pengguna biasanya terbatas pada tema default. Namun, dengan ponsel Android, aplikasi mobile dapat didownload dari google.play . sehingga memiliki kesempatan yang lebih baik berkaitan dengan menyesuaikan ponsel mereka.
MILIKI KEMAMPUAN
HP Android memiliki kemampuan menjalankan sebagian besar situs biasanya dijalankan pada komputer. Anda dapat menikmati website pilihan Anda, jaringan sosial dan email dengan menggunakan jenis-jenis ponsel. Hal ini karena ponsel Android yang kompatibel dengan HTML5. Memiliki ponsel Android adalah seperti memiliki sebuah komputer yang dapat disimpan dalam saku.
Sehubungan dengan kebebasan, pengguna hape Android dapat dengan leluasa memodifikasi, mengatur menata ulang hape Android sesuai dengan kebutuhannya, bahkan bisa menyaingi kecepatan elektronik konsumen tertentu seperti notebook kecil. Dengan ini peningkatan efisiensi dan daya, jauh lebih mudah untuk multitask. Hal ini dimungkinkan untuk menjalankan aplikasi mobile secara simultan.
Perkembangan bisnis sekarang ini semakin maju dari hari ke hari. Tidak cuma bisnis, persaingan dari beberapa pesaing juga semakin ketat. Tidak jarang juga kita alami kerugian atas hal tersebut. Terdapat banyak faktor yang membuat kita gagal di dalam melakukan sebuah bisnis, di antaranya yaitu pendukung bisnis layaknya gadget, di antara gadget yang bias atau mampu menolong anda dalam menjalankan sebuah bisnis yaitu Ponsel Android.
Android memanglah dikenal sebagai Sistem Operasi didalam smartphone atau ponsel pintar yang mempunyai banyak manfaat untuk digunakan. contohnya saja untuk berkomunikasi, internet, hiburan, sampai urusan bisnispun dimilikinya. Nah, lantas apa saja jalinan android dengan bisnis ? sesungguhnya ada sebagian manfaat yang dapat kita ambillah dari ponsel android ini untuk kegiatan bisnis. Oleh karena itu, silahkan simak baik-baik informasi-informasi di bawah ini tentang manfaat android untuk bisnis.

Android Sebagai Komunikasi

Pastinya sebuah ponsel mempunyai fungsi utama sebagai media komunikasi. Akan tetapi dengan ponsel android ini, Anda dapat memanfaatkan komunikasi yang lebih baik lagi dengan beberapa aplikasi pendukung. Misalnya sebagian aplikasi pendukung komunikasi yaitu whatsapp, line, kakaotalk, we chat, skype, yahoo messenger, serta beragam aplikasi yang lain. Sehingga, makin banyaknya jalur untuk berkomunikasi, makin besar juga kesempatan untuk memperoleh order ataupun pesanan.

Android Sebagai Penunjang Bisnis

Android memanglah mempunyai dukungan aplikasi yang amat banyak. Di antaranya di bidang bisnis, anda bisa menemukan banyak aplikasi pendukungnya. Di antara yaitu aplikasi Ongkos Kirim. Aplikasi ini pastinya amat bermanfaat untuk anda yang mempunyai bisnis yang mengharuskan untuk dikirim ke tempat lain. Aplikasi ini dapat membantu kita untuk mengetahui ongkos kirim dengan memakai sebagian ekspedisi layaknya JNE, POS Indonesia, TIKI, serta sebagian ekspedisi lain. Ada juga aplikasi pelacak online yang memungkinkan kita untuk melacak status paket kiriman kita. Sesungguhnya ada aplikasi lain yang dapat kita pakai, tetapi ke-2 aplikasi tersebut amat bermanfaat untuk pelaku bisnis.

Android Sebagai Pengatur Bisnis

Ada sebagian aplikasi yang dapat anda pakai di Android untuk pengatur bisnis anda. Bila sepanjang ini anda memakai laptop untuk bikin sesuatu laporan, saat ini anda dapat memakai Ponsel Android untuk bikin sesuatu dokumen laporan dengan aplikasi Documents To Go. Aplikasi ini adalah aplikasi yang dapat mengedit atau bikin dokumen layaknya word, excel, serta power point. Hingga saat ini anda lebih gampang untuk bikin sesuatu laporan maupun presentasi di mana saja dan kapan saja anda perlukan.


 Mengapa Memilih Os Android - Pasti banyak orang bingung sebelum membeli Handphone (HP) karena sistem operasi yang semakin beragam dizaman serba modern ini. Baik itu mulai dari iOs, Windows, AppBlackberry, Symbian, dan Android serta banyak ragam sistem operasi lainnya.

Sekarang mengapa harus memilih handphone
android, apa kegunaan dan manfaatnya bagi kesehari harian umat manusia. Sebanarnya semua sistem operasoadalah sama dimata gadgeters didunia, tergantung selera mereka seperti apa. Nah sekarang ini android lah yang paling populer karena banyak sekali manfaat yang bisa didapat dari sistem operasi android ini.

Manfaat dan Kegunaan OS android untuk aktifitas sehari hari.


1. Mampu melacak wilayah dan memberikan fungsi yang baik sebagai penunjuk arah apabila kita sedang berpergian keluar kota dengan singkronisasi oleh google maps. Hal ini ternyata bisa lebih mudah dilakukan apabila seseorang memiliki handphone android karena hal tersebutlah, meskipun begitu ada juga sistem operasi yang sudah mengandalkan hal serupa seperti google maps tersebut.

2. Android adalah Handphone atau smartphone yang bisa dibilang sangat mudah menunjang keseharian seseorang karena google adalah salah satu pemegang kekuasaan android oleh sebab itu banyak aplikasi menarik yang ditawarkan oleh google untuk android tersebut.
Mungkin sebagian besar itu manfaat dan kegunaan smartphone android, adapun berbagai merk yang selalu lengkap dengan sistem operasi android adalah Samsung, Htc, Lg, ataupun SONY.

Itulah merk yang memakai sistem operasi android yang sangat berpengaruh untuk menghancurkan kekuasan nokia yang bisa dibilang dari tahun 2003 sampai 2009 nokia yang memegang pasar gadget dunia.


Mengapa memilih Android
, karena hal hal berikut ini

1. Ter-integrasi dengan Google.
ini adalah kunci utama yang perlu diketahui karena google adalah situs besar yang memegang semua kendali kemudahan untuk saling berbagi.

2. Harga dari Merk Android yang terjangkau.
Sudah canggih, harga murah, aplikasi banyak, siapa coba yang tidak ingin membelinya, sekarang android dengan harga termurah banyak tersebar dengan berbagai merk, sebut saja Samsung Young dengan harga berkisar Rp. 900.000 New.

3. Aplikasi yang bagus dan berkualitas tinggi serta Gratis.
Tidak dipungkiri aplikasi google banyak sekali tertanam di android karena  aplikasi bagus itulah banyak sekali peminat yang ingin membeli Hp atau Smartphone yang Os android.
Sistem Operasi OS android
Mengapa Memilih Android.
Itulah mengapa banyak orang memilih Android dibandingkan dengan Os lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar